Selasa, 29 Januari 2008

PERIODIC PARALYSIS AKIBAT TIROTOKSIKOSIS

Periodik paralisis merupakan kelainan pada otot rangka. Kelainan ini mempunyai karakteristik serangan kelemahan otot yang berulang ; di antara serangan, otot biasanya dapat bekerja dengan normal.

Dua penyebab tersering adalah :

Hipokalemi :

  1. Primer : Genetik / Familial
  2. Sekunder : Tirotoksikosis, insulin increase, GE, drugs (amfoterisin B, loop diuretik, dll), alcohol, eksresi urin berlebihan, renal tubular asidosis

Hiperkalemi :

  1. Primer : Genetik / Familial
  2. Sekunder : High intake, Addison disease , Gagal ginjal kronik , hypoaldosteronism


 

Periodic Paralysis due to Tirotoksikosis

Gambaran klinis thyrotoxic periodic paralysis (TPP) sama dengan familial hypokalemic periodic paralysis (FHPP) yang berkaitan dengan adanya mutasi gen dari kanal-kanal ion. Sampai sekarang di yakini bahwa penyebab dari TIPP berhubungan dengan peran protein transporter Natrium Iodide Symporter (NIS). Pada jaringan hipertiroid dimana aktivasi NIS meningkat sehingga mengakibatkan overaktivasi NaK-ATPase menyebabkan blok depolarisasi membran sel otot sehingga meningkatkan permeabilitas membran terhadap Na, tetapi tidak terhadap K. Hiperinsulinemia, tingginya intake karbohidrat, dan exercise dapat menginduksi terjadinya TIPP pada pasien hipertiroid.


 

Treatment and management
Pasien TIPP tentunya harus mendapatkan intake K per oral, selain juga dapat diterapi dengan Beta blocker karena aktivasi NaK-ATPase juga dimediasi oleh katekolamin. Diet rendah karbohidrat dan garam, serta bed rest dan menghindari aktivitas berlebihan.


 


 

Tidak ada komentar: